Jumat, 03 April 2015

I Being "Otaku"

-- Friday, 3 April 2015 --------------------------
Gua seorang Otaku ya? gua rasa ngga deh. yah~ gue akui, gua memang menyukai hal-hal berbau Jepang (maksudnya ya cuman Anime, anime kan bikinan jepang :v wkakaw). Itu bermula karena gua jatuh cinta dengan Kirino Anime Ore No Imouto ga Konna ni Kawaii wake ga nai. Gua menyukai segala hal tentang Jepang, ngga segalanya sih.

Hari ini gua akan menceritakan sedikit tentang Otaku. Berbagi beberapa tips yang gua baca dari beberapa website. Mencoba merangkumnya dan menyederhanakannya tapi dengan pemahaman yang lebih mudah.

Kebanyakan orang menganggap bahwa Otaku itu fanatik dengan anime/manga. Sebenarnya Otaku adalah istilah bahasa jepang yang digunakan untuk menyebut orang-orang yang benar-benar menekuni suatu hobi. Istilah otaku pertama kali digunakan oleh kolumnis Nakamori Akio dalam artikel “Otaku” no Kenkyū (おたくの研/Penelitian tentang Otaku) yang dimuat di majalah Manga Burikko.

Yah sesuai dengan yang gua baca dibeberapa website mengenai Otaku

Istilah “Otaku” dalam arti sempit awalnya hanya digunakan untuk orang-orang yang memiliki hobi sejenis yang membentuk kalangan terbatas seperti penerbitan Dōjinshi. Belakangan ini, istilah otaku dalam arti luas sering dapat mempunyai konotasi negatif atau positif, bergantung pada situasi dan orang yang menggunakannya. Berkembang lagi, otaku adalah sebutan untuk orang yang menggemari subkultur Jepang, seperti anime/manga.
Otaku sering dianggap sebagai hal yang negatif karena orang-orang tidak memahami tentang otaku yang tenggelam dalam dunianya sendiri. Salah seorang otaku yang memberikan tips tentang menjadi otaku yang positif adalah Danny Choo. 
Danny menegaskan bahwa konteks positif atau negatif dari istilah otaku itu tergantung pihak yang mengatakannya. 
"Itu tergantung siapa orangnya. Setiap orang punya definisi sendiri. Ada orang yang menyebut cuaca mendung adalah cuaca yang bagus karena bagi mereka mendung itu menyenangkan." 
Menurut dia, pemakaian kata "otaku", "nerd", atau "geek" itu punya konteks yang mirip. 
"Geek itu istilah untuk menyebut orang yang punya gairah ketertarikan pada sesuatu dan mengetahui hal tersebut mulai dari A-Z," kata Danny yang menjadi pembawa acara Anime Festival Asia Indonesia 2012. 
Dia memberi contoh dengan istilah "wine geek", "wine nerd", atau "wine otaku". 
"Misalnya wine geek, itu adalah orang yang bisa dengan mudah mengidentifikasi dari mana wine itu berasal dengan mudah saat mencoba rasanya." 
*lebih singkat padat dan jelasnya:
Otaku itu orang yang terlalu terobsesi ke hobby-nya, sehingga kehidupan sosialnya kurang baik. (walaupun sekarang bila diukur dari dunia marketing ada 4 jenis otaku).


Sedangkan weeaboo itu orang luar JP yang terlalu memuja JP dari segi pop culturenya, dan cenderung melupakan budaya negara asalnya. Istilahnya melacurkan diri ke negara lain.
Dan untuk jadi Ota, menurut saya tentu butuh untuk memberikan kontribusi balik ke studio yang menggarap anime tersebut, kenapa? Karena Ota yang baik pasti berusaha untuk memberikan segalanya bagi studio2 anime kegemarannya.

Jadi yah gitu. mulai hari ini kali yah, gue jadi Otaku :v (ehh benergak ni gua Otaku atau engga? gua aja ga ngerti), karena kemaren gua barusan selesai nonton Ore no Imouto ga Konna ni Kawaii ga nai dari Season 1 sampai Season 2 yang kalau digabung semuanya 31 Eps(puas gak tuh? :3), panjang amat judul animenya tapi bisa disingkat dengan Oreimo, kalo bahasa indonesianya itu : Adikku tidak bisa secantik itu (menurut gua :v). tapi kalo menurut gue, di animenya itu si Kirino itu Kawaii(Cantik) banget, dan juga pintar, selain itu, dia juga seorang Model :v. dan gua jadi suka sama dia(bisa mengertikan suka sama Film dengan Cewek, seperti elu suka Sama Naruto) itu karena di Kawaii banget tauu (gilaa><). dan awalnya gue agak gak tertarik nontonnya, tapi setelah sampe eps 3, gua langsung Jatuh cinta, dia kawai banget MEN, apalagi saat di nyanyi lagu Opening Anime yang di tontonnya, nyanyi sambil ngikutin tariannya, KAWAII. 

Lupa gua Eps berapa, pokoknya imut banget, dia juga suka main Game(gua banget), tetapi dia tetap bisa bertahan menjadi Juara dikelas(guu... ._.). dan bahkan dia sampe begadang main game seharian semalaman(Pernah, Gue banget). dan dia tetap bisa bertahan menjadi Juara Kelas(kok di ulang lagi sih -_-). ya cuman kek gitu sih, gua suka aja gitu liat Kirino Ketawa, Marah, Bahkan Nangis. yah~ seperti ngeliatin kamu, Iyaa kamuu.


Kirino Bermain Game