Rabu, 24 Maret 2021

The Best Part of My Life

Aku akan banyak menulis tentang sesuatu hal yang luar biasa bagiku.
Sesuatu Hal yang benar benar membuatku bahagia, seneng, dan Bersemangat, yang sering ku lakukan untuk ngisi waktu sendiri.

Yup, yaitu Wibu things??? Eee Gak juga sih kwkw, secara umumnya gak wibu sih, Cuma kebetulan dominan Jepang aja, makanya malah di bilang wibu, padahalkan kata Wibu itu bukan Hal yang aku bicarakan ini, alias gak Sama atau Beda, tapi kebanyakan orang kalo udah denger orang non jepang bahas hal hal yang ada kaitannya ama Jepang, langsung dibilang Wibu. Hadeh, tapi bodoamat lah, setidaknya Wibu yg aku pegang, bukan wibu seperti yang mereka pikirkan, biarkan mereka berbahagia dengan hidupnya.

Kalo mau bilang “gw wibu” sih, paling hal-hal Wibu yang aku lakukan Cuma nonton Anime sama Baca Manga dikit-dikit kalo animenya gantung banget, sama ngegambar… udah mungkin itu aja sih, oh iya, aku juga sering ngomong bahasa jepang tapi ngomong gitu Cuma ke orang orang yg bener bener dekat dan kenal aku aja, tapi ga full jepang juga sih wkkw, paling sering keluar kalo ngomong “oh gitu, paham paham” aku ganti ke jepang dengan kalimat “naruhodo”. Itu doang sih keknya. Masa Cuma bilang itu di sebut Wibu? Gimana orang yang bilang kalimat bahasa inggris atau korea atau arab, mereka dibilang apa???

Ya intinya sih (apaansih gw panjang lebar ngomong apaan kawoeakow) Nonton Anime. Aneh banget ya? Aneh banget kan wkwk, dikira hal produktif apa gitu wkwk taunya Cuma nonton doang.

So, Nonton Anime sangat aktif sejak awal MAN karena emang baru tau doang, sampe Lulus MAN, awal masuk kuliah sampe semster 3 an mungkin masih aktif tapi gak sebanyak dulu, mulai bosan karena cerita nya gitu gitu mulu, ga ada yang Fresh. Yang dulu schedule tiap hari ada 1 anime yg baru rilis biar ada tontonan, sekarang Cuma pilih yg seru aja, kayak selama seminggu ada yg rilis senin rabu kamis gitu, di tontonnya sekalian aja hari sabtu buat bkin mood bagus tuk mengawali hari libur.

Anyway, sebelum lanjut di atas, aku mau bahas sesuatu dulu, yaitu tentang keindahan yang aku lihat di dunia selama ini, Hal yang jika Manusia menguasai tersebut maka akan Sangat Luar biasa, Yaitu Seni. Yup, seni itu banyak kan? Eh ada banyak bukan sih? kek ada Menjahit, Memancing, Memasak, aku sendiri bisa bilang, bahwa Seni itu ada Dimana pun, Memasak yang sekedar memasak tidak akan seru jika tidak ada Seni didalamnya. Seni merupakan Keindahan Sejati bagi aku.

Kesenian yang sangat luarbiasa bagi ku untuk sekarang ada 2, yaitu :
(anyway aku disini bener bener asal ceplos doang akweoakwo ga ada belajar nyari pengertian atau kata ilmu dll gitu nya. Dah lah kalo salah benerin ya)

1.       Suara

Suara, Entah itu Vocal yang nyanyi, atau Bagian Instrumental. Jika orang yang jenius itu memiliki seni untuk memainkannya, maka akan luar biasa. Suara ini hal yang paling Sulit bagi aku, memang bisa, tapi sangat sulit. Karena ya aku orang yang cendrung pendiam, jarang berbicara, dan aku tidak bisa mengeluarkan suara dengan sangat keras… idk, mungkin karena sifat ku yang penakut ini, entah takut berteriak karena bakal mengganggu orang, dan semacamnya. Benar. Suara ini benar benar Puncak Piramida bagi aku, pokoknya siapapun yang bisa nyanyi, dia Paling Hebat, aku sangat mengagumi semua orang yang bisa Nyanyi, karena aku juga setidaknya ingin punya suara yang Enak di dengar ketika Nyanyi. Kalian Luar biasa wahai Seniman yang Jago Nyanyi (apa sebutannya ya? Sowwy gw miskin bahasa :”u)

2.       Gambar atau Seni Visual

Tentu Seni Visual ini sangat beragam dan bermacam-macam, dari yang aku tau sampe aku ga pernah tau. Tapi yang paling aku Kagum dengan Seni yang ini, yaitu Seni Visual Illustrator. Yang dimana lu baru melihat Gambarnya, tapi lu seakan akan Lagi di Sana, kek lagi melihat pemandangan tersebut. Benar benar luar biasa. Balik lagi karena aku orang nya yang suka banget berimajinasi/berkhayal.. ga juga sih, dan kebetulan suka ngegambar juga, makanya aku mengambil jalan ini untuk menjadikan bahan bakar untuk terus Semangat menjalani hidup. Hobi & Passion itu penting guys, Jangan sampe kalian bilang “aku ga punya Hobi”, setidaknya Nonton Film sebagai Hobi juga udah hebat.

So, dari ke 2 Seni tersebut, jika di Fusion maka akan menjadi Sebuah Mahakarya yang luar biasa, feelsnya kek Wah ini harus aku turun temurun kan sampe cucu cucu ku nanti… kaowekaowe ga juga sih, becanda ya. Lalu apa yang aku dapat kan? Yup, Anime. Aku menemukan semuanya itu di Anime. Anime itu memang karya yang luar biasa gila meeen keren banget. Berbagai kesenian tercampur didalamnya, Dari Seni Menulis, Sutradara, Menggambar, Animasi, Mewarnai, Editing Film, Pembuatan Musik, Pengisian Suara Karakter, dan banyak lagi. Semuanya saling terhubung dan saling mendukung. Untuk mencapai Puncak Keindahan. Apaansih sorry wkwk

Ini aku ngomong sekali lagi, sorry ya aku asa ceplos banget akwoeakowek. Anyway, Anime mah ga Cuma sekedar gambar kartun doang, bagi kalian yang melihat Anime dari sebatas itu doang, jika kalian Melihat Seni apa aja yang terkandung, maka kalian akan selalu merasa puas. Gila ini Keren bangeeet. Sama kek misalnya lu abis denger lagu baru dari Band Favorite lu gitu, dan lu Hype bahkan sampe 2 minggu masih dengerin tu lagu Di Loop sampe budeg. Sebenarnya Kepuasan para Artist itu bukan Duit atau Honor yang di dapat, itu hanya Bonus. Mereka hanya menyampaikan perasaan mereka, apa yang mereka rasakan, yang di tuangkan dengan Karya yang mereka buat, Entah itu Musik ataupun Gambar.

Untuk yang suka nulis atau bercerita, enth bikin puisi juga. Tentu juga Hebat! Kami kami atau kita kita, ya anggap saja aku sebagai kang mixing yg bikin lagu, kamu yang jaog gambar illustrator, dan Dia suka bikin puisi. Itu kek gimana ya bilangnya, pokoknya kek bisa Saling menyemangati atau menginspirasi satu sama lain. Misalnya kek Aku baca Novel Dia yang Keren Banget, dan aku terinspirasi untuk menciptakan sebuah Music. Begitu juga Kamu yang denger Musik hasil Mixing aku yang Parah Keren banget sih lu itu, lalu terinspirasi juga untuk menggambar sebuah illustrator yang Menawan. Ya, layaknya manusia gitu, karya 1 dengan karya yang lainnya tak akan sempurna jika tidak saling melengkapi, jadi will you marry me?

Oh iya, aku punya referensi yang bener bener bikin aku terinspirasi, Yaitu YOASOBI, berasal dari Jepang, dan lagu lagunya kebanyakan dari Novel gitu, so likes Novel into Music. Keren banget kan. Dengan inspirasi itu, aku mencoba mau bikin komik, tapi ga tau apakah bakal konsisten atau kagak, soalnya jalan menuju Komika sama illustrator itu beda, dan aku minusnya susah ngayal cerita karena udah terbiasa kalo udah di depan Kanvas, aku udah mulai fokus nge detail gambaran ku, keknya aku lebih cocok ke Illustrator deh. BUT, aku pengen coba tadi, bikin komik, layaknya YOASOBI, Komik aku juga punya slogan yang Mantep, like Anxiety Author into Comic. Sekali ketik lalu aku baca, reaksi aku kek “Buset Keren bangettt, YOASOBI bangeeeet”. Karya mereka yang benar benar Masterpiece bagi aku :
1. Gunjou (Ultramarine),
2. Yoru ni Kakeru(Running in Night? Maybe mungkin beda arti kakwoawkaw aku Cuma trans per kata nya doang),
3. Haruka
4. dan yang paling terbaru dan tentunya aku suka banget juga Encore sama Yasashii Suisei (komet lembut).

lagu nya mereka itu Unik banget men, entah aku yang baru denger lagu kek gini atau emang kebetulan aku suka genre musik kek gini. Misalnya yg Yoru ni Kakeru, itu inti lagunya, 1 orang ketemu org yg pen bundir, lalu akhirnya mereka Bundir bareng. Gimana gak dark kalo gitu, tapi Beat lagunya itu kek Lets Go Dance banget coy. Lalu Gunjou, ini bisa dibilang lagu aku banget… maybe bisa di bilang gitu sih akwoeaowekaw. Intinya tentang seorang penggambar yang lagi artblock maybe, dan terus berusaha untuk lebih baik untuk mengembalikan kepercayaan diri nya. Gitu lah kira-kira, dan ini di ambil setelah mereka baca manga/novel Blue Period, makanya ada hubungannya gitu sama judul lagunya yg Ultramarine. Gitu lah ya kira-kira.

Tapi seperti yg aku bilang di atas (sorry kalo berbelit-belit), 2 Hal di atas bagi ku, masih belum bisa saling tanding, misalnya sebuah Lagu dengan Sebuah Gambar. Itu masih terkesan Abstrak banget. Seperti yg aku rasakan, Kadang ketika aku denger lagu, aku bisa bayangin Visualnya sendiri, begitu pula sebuah Gambar, tapi agak sulit sih, mungkin karena aku Tukang gambar kali yak, ketika denger musik yang Moodly banget, aku bisa bayangin Scene Scene yang ngena banget sama tu lagu. Atau emang beda Kelas makanya ga bisa di bandingin wkwk koplo ji.

Nah, that’s why 2 Seni di atas itu adalah Paduan Paling Sempurna untuk mencapai Puncak keindahan sebuah Karya Seni. Dan ya Tentu saja, Proses membuat yang gak segampang, lu Bolak balik Banjarmasin-HST 5x, Lebih cape dari itu. Tapi bagi yang udah terbiasa, entah kenapa aku yakin, ada kemungkinan dalam 1 hari dia dapat menciptakan sebuah Karya yang luar biasa. Maybe bisa aku bilang 3, karena untuk lebih ter struktur aja.

aku sendiri aja, ngegambar yang mau bener-bener Serius mungkin baru 1 tahun 2 bulanan mungkin, aku bisa di bilang Struggle banget, hampir Study(ngegambar) 6-8jam sehari, materi kebetulan di kasi sama temen ada, tapi bingung mulai dari mana, terus buat memahami sendiri juga bener bener pusing, sebut aja bab ya, temen aku ada yng bisa kelarin 8 bab dalam 1 bulan. Buset aku aja 1 minggu 1 bab belom kelar, itupun baru hal dasar banget yang menurutku kek “ini harus banget gak sih di pelajari???”, belom anatomy, perspektif, shape, color theory dll ah pusing…. Take for fun with low pressure aja dah. Yang 6-8jam tadi bukan Belajar bacain materi ya, tapi ngegambar ngasal doang ya, like “umm hari ini mau gambar apa ya, Aha aku mau gambar ini, dan aku menggambar dengan menghabiskan 6-8jam tadi, tergantung sih kadang 3 jam juga kelar.

Tapi aku gak maksa, aku gabakal gambar kalo ga pengen, Tapi Jiwa dan Semangat aku yang membuat aku Tahan sampe berjam-jam. Awalnya sih tujuan aku ngegambar buat bikin komik yang lucu terus terkenal, tapi sekarang, impian aku Cuma pengen bikin sebuah Gambar Ilustrasi yang WAAAH gitu aja. Dan kemarin bikin komik kebetulan aja sih. Karena sesuai slogan “Anxiety Author into Comic”, anjiiiir keren bgt coy, suka bgt kaowekaowkeoawekoao

Mungkin itu aja kali, aku udah bingung mau ngomongin apa, Thanks yang udah baca, lain waktu aku cerita lagi. See ya

Tidak ada komentar: